Rabu, 04 Januari 2017

Pelni Resmi Layani Rute Pelabuhan Sunda Kelapa-Kepulauan Seribu

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, Selasa (10/1/2017), resmikan pengoperasian kapal punya PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) (Pelni) dengan maksud Kepulauan Seribu di Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta Utara.

Pelni mempersiapkan KM Express Bahari 3B dengan rute Sunda Kelapa-Pulau Tidung. Peresmian ini di hadiri oleh Plt Gubernur DKI Jakarta Sumarsono, Sekretaris Jenderal Kemenhub Sugihardjo, Direktur Jenderal Perhubungan Laut Tonny Budiono, serta Direktur Paling utama Pelni Elfien Goentoro.

Baca juga: Harga Tiket Kapal Laut Pelni

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyebutkan, pengoperasian rute itu adalah system baru pelayaran ke Kepulauan Seribu hingga peristiwa yang seperti pada KM Zahro Express tidak terulang sekali lagi.

 " Ini satu usaha kita buat pelayaran nasional yang baru, service rakyat yang baru. Dalam musibah, ada hikmah. Kami berkemauan untuk buat system pelayaran yang baru, " tutur Budi Karya.
KM Express Bahari 3B adalah kapal cepat buatan th. 2005 yang memakai bahan fiber pada tubuh kapal. Kapal ini memiliki kemampuan angkut 208 orang ditambah 6 awak kapal.

Budi Karya mengungkap, yang akan datang ada lima kapal dari Pelni serta PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) untuk melayani pelayaran ke Kepulauan Seribu.

Baca juga: Harga Tiket Kapal Pelni

 " Pertama kali, ini lima kapal. Jadi tiga (kapal) Pelni serta dua (kapal dari) ASDP. Ada yang pergi dari sini (Pelabuhan Sunda Kelapa), ada yang pergi dari (Pelabuhan) Kali Adem, " tandasnya.
Sebatas info, terkecuali KM Express Bahari 3B, kapal Pelni yang lain yang melayani Kepulauan Seribu yaitu KM Sabuk Nusantara 46 yang sudah dioperasikan mulai sejak akhir 2015.

Pengoperasian Pelni ini adalah penugasan dari Kementerian Perhubungan untuk melayani pelayaran ke Kepulauan Seribu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar